Monday 2 November 2015

PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM GAYA KEPEMIMPINAN



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Gaya kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting dalam mengatur dan mengelola perjalanan organisasi/perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan kepemimpinan yang tepat guna atau efektif dalam pelaksanaan aktivitas setiap pekerjaan. Gaya kepemimpinan adalah sebuah proses yang melibatkan seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar melaksanakan apa yang diharapkan dengan memberikan kekuatan, motivasi, sehingga orang tersebut dengan penuh semangat untuk mencapai sasaran ataupun tujuan.
      Prabowo Subianto merupakan tokoh yang dianggap paling punya gaya kepemimpinan yang diinginkan masyarakat dengan tingkat kesukaan sebesar 98,7 persen, yaitu tegas, jujur, tidak peragu, bersih dari korupsi, serta berpihak pada rakyat kecil. Hal tersebut tertuang dalam hasil survei Indonesia Network Election Survey (INES), Kamis (5/9) di Jakarta.
      Prabowo Subianto merupakan mantan Danjen Kopassus, pengusaha dan politisi. Prabowo juga politikus dari partai Gerindra. Pada pemilihan umum tahun 2009, ia dipilih sebagai wakil dari capres Megawati Soekarnoputri namun ia harus bersabar karena kemenangan masih belum berpihak.
      Prabowo berasal dari keluarga ilmuwan. Kakeknya, Margono Djojohadikusumo, merupakan pendiri Bank Negara Indonesia, pemimpin pertama Dewan Pertimbangan Agung Sementara, dan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Ayahnya, Sumitro Djojohadikusumo, yang merupakan ahli ekonomi dulu dipercaya Presiden Soeharto untuk menjadi Menteri Riset dan Teknologi. Prabowo menikahi anak Soeharto yang bernama Siti Hediati Hariyadi pada tahun 1983.
      Prabowo pernah mengenyam pendidikan di Akademi Militer Magelang pada tahun 1970 dan lulus pada tahun 1974. Selama karir militernya, ia berjasa dalam sebuah operasi melawan Gerakan Papua Merdeka. Ia membebaskan 12 peneliti yang sedang melakukan ekspedisi, 5 di antaranya  adalah warga negara Indonesia.
      Nama Prabowo sering dikaitkan dengan dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia. Mulai dari tudingan bahwa dialah dalang (mastermind) dari serangkaian aksi penculikan para aktivis penembakan mahasiswa Trisakti, penyulut kerusuhan Mei 1998, hingga menerabas ke isu seputar klik dan intrik di kalangan elite ABRI. Mulai dari tudingan adanya "pertemuan konspirasi" di Markas Kostrad pada 14 Mei 1998, tuduhan hendak melakukan kudeta yang dikaitkan dengan isu "pengepungan" kediaman Presiden B.J. Habibie oleh pasukan Kostrad dan Kopassus, sampai ke pembeberan sifat-sifat pribadinya.
      Prabowo juga mendirikan beberapa organisasi masyarakat seperti Asosiasi Petani Indonesia, Asosiasi Pedagang Pasar Tradisional Indonesia, Asosiasi Pencak Silat Indonesia.
      Dalam pemilu tahun 2009, Prabowo tercatat sebagai calon presiden-wakil presiden terkaya yang memiliki nilai kekayaan hingga  1,5 trilyun rupiah dan 7.5 milyar dollar Amerika. Pada November 2011 lalu, ia mengadakan suatu pergerakan untuk mengusung dirinya sendiri menjadi calon presiden untuk pemilu tahun 2014.
1.2. Tujuan
1.     Untuk mengetahui gaya kepemimpinan Prabowo Subianto.
2.    Untuk mengetahui Karakteristik kepemimpinan Prabowo Subianto





BAB 2
ISI
2.1. Pengertian Gaya Kepemimpinan
Gaya kepemimpinan adalah sebuah proses yang melibatkan seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar melaksanakan apa yang diharapkan dengan memberikan kekuatan, motivasi, sehingga orang tersebut dengan penuh semangat untuk mencapai sasaran ataupun tujuan.
2.2. Macam-macam Gaya Kepemimpinan
A. Gaya Kepemimpinan Otoriter / Authoritarian
Gaya kepemimpinan Otoriter adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Segala pembagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahan hanya melaksanakan tugas yang telah diberikan.
B. Gaya Kepemimpinan Demokratis / Democratic
Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya.
C. Gaya Kepemimpinan Bebas / Laissez Faire
Pemimpin jenis ini hanya terlibat delam kuantitas yang kecil di mana para bawahannya yang secara aktif menentukan tujuan dan penyelesaian masalah yang dihadapi.
D. Gaya Kepemimpinan Situasional
Gaya kepemimpinan situasional adalah gaya kepemimpinan yang lebih melihat kondisi/ keadaan tertentu. Ada saatnya harus bersifat otoriter kepada anggotanya, dan ada saatnya bersifat demokratis kepada anggotanya guna mengarahkan/mencapai tujuan yang ingin dicapai.
2.3. Gaya kepemimpinan Berdasarkan Kepribadian
A. Gaya Kepemimpinan Karismatis
Kelebihan gaya kepemimpinan karismatis ini adalah mampu menarik orang. Mereka terpesona dengan cara berbicaranya yang membangkitkan semangat. Biasanya pemimpin dengan gaya kepribadian ini visionaris. Mereka sangat menyenangi perubahan dan tantangan.
      Mungkin, kelemahan terbesar tipe kepemimpinan model ini bisa di analogikan dengan peribahasa Tong Kosong Nyaring Bunyinya. Mereka mampu menarik orang untuk datang kepada mereka. Setelah beberapa lama, orang – orang yang datang ini akan kecewa karena ketidak-konsistenan. Apa yang diucapkan ternyata tidak dilakukan. Ketika diminta pertanggungjawabannya, si pemimpin akan memberikan alasan, permintaan maaf, dan janji.
B. Gaya Kepemimpinan Diplomatis
      Kelebihan gaya kepemimpinan diplomatis ini ada di penempatan perspektifnya. Banyak orang seringkali melihat dari satu sisi, yaitu sisi keuntungan dirinya. Sisanya, melihat dari sisi keuntungan lawannya. Hanya pemimpin dengan kepribadian putih ini yang bisa melihat kedua sisi, dengan jelas! Apa yang menguntungkan dirinya, dan juga menguntungkan lawannya.
      Kesabaran dan kepasifan adalah kelemahan pemimpin dengan gaya diplomatis ini. Umumnya, mereka sangat sabar dan sanggup menerima tekanan. Namun kesabarannya ini bisa sangat keterlaluan. Mereka bisa menerima perlakuan yang tidak menyengangkan tersebut, tetapi pengikut-pengikutnya tidak. Dan seringkali hal inilah yang membuat para pengikutnya meninggalkan si pemimpin.


C. Gaya Kepemimpinan Otoriter
      Kelebihan model kepemimpinan otoriter ini ada di pencapaian prestasinya. Tidak ada satupun tembok yang mampu menghalangi langkah pemimpin ini. Ketika dia memutuskan suatu tujuan, itu adalah harga mati, tidak ada alasan, yang ada adalah hasil. Langkah – langkahnya penuh perhitungan dan sistematis.
      Dingin dan sedikit kejam adalah kelemahan pemimpin dengan kepribadian merah ini. Mereka sangat mementingkan tujuan sehingga tidak pernah peduli dengan cara. Makan atau dimakan adalah prinsip hidupnya.
D. Gaya Kepemimpinan Moralis
      Kelebihan dari gaya kepemimpinan seperti ini adalah umumnya Mereka hangat dan sopan kepada semua orang. Mereka memiliki empati yang tinggi terhadap permasalahan para bawahannya, juga sabar, murah hati Segala bentuk kebajikan ada dalam diri pemimpin ini. Orang – orang yang datang karena kehangatannya terlepas dari segala kekurangannya.
      Kelemahan dari pemimpinan seperti ini adalah emosinya. Rata orang seperti ini sangat tidak stabil, kadang bisa tampak sedih dan mengerikan, kadang pula bisa sangat menyenangkan dan bersahabat.
2.4. Gaya Kepemimpinan Prabowo Subianto
      Prabowo Subianto merupakan tokoh yang dianggap paling punya gaya kepemimpinan yang diinginkan masyarakat dengan tingkat kesukaan sebesar 98,7 persen, yaitu tegas, jujur, tidak peragu, bersih dari korupsi, serta berpihak pada rakyat kecil. Hal tersebut tertuang dalam hasil survei Indonesia Network Election Survey (INES), Kamis (5/9) di Jakarta.
      Direktur Data Ines, Sutisna, menjelaskan, Prabowo menempati urutan tertinggi dalam hal tokoh yang memiliki gaya kepemimpinan yang diinginkan masyarakat. Disusul Megawati Soekarnoputri (96,9 persen), Ahok (95,2 persen), dan Joko Widodo (93,7 persen).
      Partai Gerindra sebagai satu satunya partai yang meletakkan kata gerakan dalam nama partainya telah bergerak lebih awal bahkan sejak partai ini didirikan. Masyarakat telah merasakan kiprah riel Partai Gerindra dalam semua aspek kehidupan. Gerakan aksi kader baik dibidang social yang langsung menyentuh kehidupan trakyat kecil terus digagas diseluuruh nusantara. Ambulan Gerindra, Mobil mobil air yang menyambangi sawah dan kekeringan. Belum lagi kepedulian Prabowo terhadap nasib warga yang terancam hukuman mati di Malaysia. Serta banyak lagi gerakan kemasyarakat yang telah dilakukan.
Prabowo dari hari ke hari terus menyambangi rakyat. Beliau mewakafkan diri, bersedia mendatangi rakyat kecil, menggugah semangat anak negeri, bahwa bagsa ini harus bangkit dari ketepurukan.
Kita Bisa itulah kata kata yang selalu disampaikan Prabowo, kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi.
      Jadwal ketat muhibah Prabowo ke pelosok tanah air ditopang oleh kondisi fisik prima karena untuk menjalankan pekerjaan mulia ini diperlukan stamina luar biasa. Tidak semua calon presiden mampu melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Tentu semua bisa gerakan kemasyarakatan itu bisa dilakukan karena berangkat dari kekuatan hati dan niat tulus ingin memberikan yang terbaik bagi negeri. Inilah saatnya rakyat mendapatkan informasi yang benar tentang kepemimpinan.
      Negara membutuhkan seorang pemimpinan yang tegas. Pemimpin yang mampu mewarnai kinerja satuan  birokrat dari tingkat pusat, bahkan sampai ketingkat desa, bahwa kita harus bekerja keras secara  jujur, professional dengan muara kepada pelayanan publik prima. Hanya keteladanan hidup bersih bebas korupsi, kolusi dan nepotisme yang mampu membersihkan. Perjuangan Prabowo dan Partai Gerindra harus didukung sepenuhnya oleh segenap komunitas anak bangsa. Prabowo mampu memberikan yang lebih baik untuk Negara dan Bangsanya.
    Ada beberapa karakteristik gaya kepemimpinan dari Prabowo Subianto, yakni :
1.     Seorang pemimpin karismatik umumnya visionary, dia memiliki gambaran yang jelas akan dibawa ke mana organisasi yang dia pimpin dan dia tahu bagaimana untuk mencapainya.
2.    Pemimpin karismatik juga mempunyai kemampuan yang luar biasa dalam seni berkomunikasi (masterful communication skill). Untuk memberikan inspirasi kepada pengikutnya, pemimpin karismatik akan menggunakan bahasa yang penuh variasi dan warna dengan berbagai analogi dan metafora yang memikat.
3.    Karakteristik lain dari pemimpin karismatik adalah kemampuannya untuk memberi inspirasi dan kepercayaan (ability to inspire and trust). Pengikutnya sangat mempercayai integritas pemimpin karismatik dan mereka berani mempertaruhkan kariernya untuk mencapai visi dari pemimpinnya.
4.    Pemimpin karismatik juga bisa membuat pengikutnya merasa yakin dan memiliki kemampuan (able to make group member feel capable). Ini biasanya dilakukan dengan memberikan pengikutnya beberapa proyek yang relatif lebih mudah bagi pengikutnya untuk meraih keberhasilan. Ini akan membangun rasa percaya diri dan keinginan pengikutnya untuk mendapatkan tugas yang lebih menantang.
5.    Pemimpin karismatik menunjukkan energi yang luar biasa dan selalu cepat mengambil tindakan (demonstrate energy and action orientation). Mereka juga menjadi model tentang bagaimana menyelesaikan hal tepat pada waktunya.
6.    Sangat ekspresif dan hangat (emotional expressiveness and warmth) juga menjadi satu ciri pemimpin karismatik. Mereka begitu mudah meluapkan ekspresi dan perasaannya, mereka juga sangat hangat dan penuh perhatian.
7.    Suka terhadap tantangan dan risiko (romanticize risk) juga menjadi salah satu ciri yang menonjol dari pemimpin karismatik. Tanpa tantangan dan risiko hidup, mereka terasa hampa dan kosong. Tantangan dan risiko yang membuat kehidupan pemimpin karismatik menjadi dinamis dan energik. Segala risiko sudah pernah dihadapi Prabowo, mulai dari peperangan, krisis politik dan kepemimpinan tingkat nasional, sampai karier militer yang dipertaruhkan telah dilaluinya. Terbukti Prabowo mampu melampaui semua masa sulit tersebut hingga saat ini.
8.    Pemimpin karismatik juga senang dengan sesuatu yang tidak biasa.  Segala ide, gagasan, atau strategi yang mereka lontarkan selalu berbeda dari pendapat umum (unconventional strategies) dan mereka sangat percaya hal tersebut dapat memberikan sukses baginya dan pengikutnya.
9.    Keinginan untuk menonjolkan dan mempromosikan diri sendiri (self-promoting personality) juga menjadi ciri dari pemimpin karismatik. Mereka selalu ingin menunjukkan kepada pengikutnya betapa pentingnya dia bagi pengikutnya.
10. Karakteristik lainnya adalah kebiasaan untuk menantang dan menguji rasa percaya diri dari tim atau pengikutnya (courage your self-confidence) dengan pertanyaan-pertanyaan yang menantang.





BAB 3
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
      Prabowo Subianto merupakan tokoh yang dianggap paling punya gaya kepemimpinan yang diinginkan masyarakat dengan tingkat kesukaan sebesar 98,7 persen, yaitu tegas, jujur, tidak peragu, bersih dari korupsi, serta berpihak pada rakyat kecil. Hal tersebut tertuang dalam hasil survei Indonesia Network Election Survey (INES).
      Ada pun karakteristik dari gaya kepemimpinan Prabowo Subianto, antara lain : Visionary, masterful communication skill, ability to inspire and trust, able to make group member feel capable, demonstrate energy and action orientation, emotional expressiveness and warmth, romanticize risk, unconventional strategies, self-promoting personality, dan courage your self-confidence.
3.2. Saran
      Negara membutuhkan seorang pemimpinan yang tegas. Pemimpin yang mampu mewarnai kinerja satuan  birokrat dari tingkat pusat, bahkan sampai ketingkat desa, secara  jujur dan professional dengan muara kepada pelayanan publik prima.

DAFTAR PUSTAKA
Muslimah. 2013. Kepemimpinan dan Karakteristik Prabowo.
http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Undergraduate
Diakses pada tanggal 07 juni 2014.
Reza, R. 2013. Analisis Macam-macam Gaya Kepemimpinan .
Diakses pada tanggal 07 juni 2014.
Rohmanah. 2014. Gaya Kepemimpinan dan Unsur-unsurnya.
Diakses pada tanggal 07 juni 2014.


sekedar ingin berbagi informasi...
bagi yg suka internetan , yg lagi cari2 kerja, boleh coba website ini dan langsung buat akun anda----> http://Job4Living.com/?ref=387669
lumayan kita dibayar tanpa ribet keluar biaya,dll. cuman tinggal sebar link aja gan,semakin banyak klik, makin cair. awal pendaftaran aja uda dapat $25. itu garansi yg NYATA gan
kiki emotikon
($25x Rp 10.000= 250.000 ribu)
minim Saldo $300 untuk bs diambil
ayo bktikan gan.

No comments:

Post a Comment