KATA
PENGANTAR
Pertama-tama
penulis panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena kasih
dan karunian-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu.
Makalah ini di buat dalam rangka memenuhi Tugas Mata Kuliah Aplikasi Komputer.
Dalam
makalah ini membahas tentang Input Device ( perangkat masukan), apa-apa saja
yang termasuk dalam perangkat masukan dan apa fungsi dari masing-masing
perangkat masukan tersebut.
Kiranya
makalah ini masih jauh untuk dapat di katakan sempurna. Untuk itu, penulis
senantiasa menerima masukan dan saran khususnya dari Ibu dosen dan para
mahasiswa agar dalam pembuatan makalah berikutnya mendapatkan hasil yang lebih
maksimal. Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan
atau pengetahuan tentang Input Device (perangkat masukan).
Delitua, september 2013
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
Pada umnya komputer terdiri dari
beberapa komponen-komponen perangkat keras yang saling terkait atau bekerja
sama untuk membentuk sebuah sistem. Komponen-komponen ini memiliki tugasnya
masing-masing, apabila salah satu komponen tidak bekerja dengan semestinya maka
akan berpengaruh terhadap kinerja dalam suatu sistem komputer. Salah satu
perangkat keras dari komputer adalah Input Device. Input device merupakan alat
perangkat keras yang memiliki fungsi untuk memasukkan suatu data aatau perintah
kedalam komputer.
Unit devices atau unit masukan yang umumnya
digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse
adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu
terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan
dengan computer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar
digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan
sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk
merekam suara ke dalam komputer.
BAB II
ISI
ISI
2.1 Pengertian Perangkat Masukan
(Input Devices)
Perangkat masukan atau Input Devices merupakan
peragkat yang memberikan sinyal masukan kepada system computer. Unit ini
berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori
dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang di perlukan. Data
yang dimasukkan ke dalam sistem computer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk
data yang dimasukkan ke dalam sistem computer, sedangkan maintenance input
berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi,
input device selain digunakan utuk memasukan data dapat pula digunakan untuk
memasukkan program. Perangkat masukan dibagi menjadi dua, yaitu peralatan
masukan langsung dan peralatan masukan tidak langsung.
2.2 Jenis dan Fungsi Perangkat Masukan
(Input Devices)
Perangkat masukan dibagi menjadi dua, yaitu
peralatan masukan langsung dan peralatan masukan tidak langsung.
2.2.1 Peralatan Masukan Langsug
Dalam peralatan masukan langsung, input
langsung dip roses CPU tanpa disimpan oleh penyimpanan media luar. Berikut ini
adalah beberapa peralatan masukan langsung, yaitu :
·
Keyboard (Papan Tombol)
Merupakan unit input paling penting
dalam suatu pengolahan data dengan computer. Keyboard dapat berfugsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagi media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan seperti menyimpan file dan
membuka file.
Penciptaan keyboard computer berasal dari
model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada
tahun 1868 dan tahu 1887 diproduksi da dipasarkan oleh perusahaan Remington.
Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY pada tahun 19373.
Keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO ( International Standar
Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard
QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. Typewriter key
Tombol
ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin
tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagai berikut :
§ Back space
Tombol
ini berfungsi untuk menghapus 1 charakter di kiri cursor
§ Caps Lock
Bila
tombol ini ditekan, maka lampu indicator caps lock akan menyala, hal ini
menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau capital,
bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
§ Delete
Tombol
ini berfungsi untuk menghapus 1 charakter pada posisi cursor
§ Esc
Berfungsi
untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
§ End
Berfungsi
untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja.
§ Enter
Berfungsi
untuk berpindah kebaris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
§ Home
Berfungsi
untuk menuju ke awal baris atau suduk kiri atas layar.
§ Insert
Berfungsi
untuk menyisipkan character.
§ Page Up
Berfungsi
untuk menggerakkan cursor 1 layar ke atas
§ Page Down
Berfungsi
untuk menggerakkan cursor ke layar bawah.
§ Tab
Berfungsi
untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric key
Tombol
ini terletak di sebelah kanan keyboard. Terdiri atas angka dan arrow key. Jika
lampu indicator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka, jika
lampu indicator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagi arrow key.
3. Function key
Tombol
ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini terdiri dari F1-F12.
Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputreyang digunakan.
4. Special function key
Tombol
ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. tombol akan mempunyai fungsi bila
ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan
tombol shift dan arrow key, untuk menggerakkan kursor menekan bersamaan ctrl
dan arrow key.
·
Mouse
Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan
pointer atau kursor secara cepat. Mouse pertama kali dikembangkan oleh Doug
Engelbart di Stanfor Re-search Institute sekitar tahun 1960, yang kemudian
dikembangkan dan diterapkan pada computer Xerox star. Baru pada tahun 1982,
Apple memperkenalkan produknya dengan nama Apple Lisa dan mulai digunakan secara maksimal sejak sistem
operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Bentuknya yang
menyerupai tikus maka alat ini diberi nama mouse.
Sebagian besar
mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu
tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol
pengulung (scroll), yang terletak di tengah.istilah penekan tombol disebut
dengan Click, dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek
yang ditunjuk. Selain itu terdapat pula istilah drag (menggeser) yaitu menekan
tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil menggeser. Drag ini akan
mengakibatkan objek akan tersalin atau ter-blok.
·
Joy Stick dan Games Paddle
Merupakan peralatan input tambahan untuk
mempermudah pengguna computer dalam melakukan permainan di computer. Alat ini
biasanya digunakan pada permainan (games) computer. Joystick biasanya berbentuk
tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat
dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu
objek dalam computer.
·
Scanner
Merupakan peralatan untuk membaca input baik
data maupun gambar untuk di-scan. Alat ini berfungsi untuk meng-copy atau
menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori computer. Dari
memori computer selanjutnya, di simpang dalam harddisk atau pun floppy disk.
Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin
fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat di
tampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan
perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat di simpan kembali dalam bentuk
file text maupun file gambar.
Selain scanner untuk gambar terapat pula scan
yang biasa di gunakan untuk mendeteksi lembar jawaban computer. Scanner yang
biasa di gunakan untuk melakukan scan lembar jawaban computer adalah SCAN IR
yang biasa di gunakan untuk LJK (lembar jawaban computer). Scan jenis ini
terdri dari lampu sensor yang di sebut optic, yang dapat mengenalin jenis
pensil 2B. Scanner yang beredar di
pasaran adalah scanner untuk mengcopy gambar atau foto dan biasanya di
lengkapin dengan fasilitas OCR ( Optical Character Recognition) untuk mengcopy
atau menyalin objek dalam bentuk text.
·
Microphone
Merupakan alat elektronika yang berguna untuk
mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik.
Unit msukkan ini berfungsi untuk merekam atau
memasukkan suara yang akan di simpan dalam memori computer penggunaan
microphone ini memerluka perangkat keras yang berfungsi untuk menerima input
suara yaitu sound card dan speaker untuk mengdengarkan suara.
·
Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan
pada laptop dan notebook yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit
ini dapat di gunakan sebagai pengganti mouse.
·
Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang di
gunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan scanner. Light pen
memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke computer yag kemudian
di rekam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik
setiap baris per detik.
·
Graphics Pads
Teknologi computer Aided Design (CAD) dapat
membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakkan
Graphics Pads. Graphics Pads ini merupakan input masukkan untuk menggambar
objek pada monitor. Graphics pads yang di gunakkan mempunyai dua jenis. Pertama
menggunakan jarum (stylus) yang di hubungkan ke pad atau dengan memakai
bantalan tegangan rendah, tegangan rendah yang dikirim kemudian di terjemahkan
menjadi koordinat X-Y. kedua menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch
sensitive pad ) tanpa menggunakkan jarum.
·
CD-ROM ( Compact Disk Read Only Memory) dan
Flashdisk
CD-ROM drive berfungsi untuk membaca data
input dari kepingan CD. Kemampuan transfer data dari CD-ROM adalah n × 150MB/s,
dengan n adalah kecepatan yang
dituliskan pada bodinya. Misalnya, jika CD-ROM mempunyai kecepatan sebesar 52×,
maka transfer kecepatan sebesar 52 × 150 MB/s. Saat ini, kecepatan CD-ROM yang
ada di pasaran antara lain: 52×, 56× dan 60×.
2.2.2
Perangkat Masukan
Tak Langsung
Pada perangkat masukan tak langsung, data yang
masuk tidak langsung diproses melainkan direkam dahulu ke media penyimpanan
luar seperti pita magnetic. Contohnya key-to-tape, key-to-card, dan
key-to-disk.
·
Key-to-card
Salah satu alat memasukkan data yang paling
tua adalah keypunch atau key-to-card. Alat ini memungkinan operator memasukkan
data yang akan dipindahkan terlebih dahulu ke dalam bentuk media punched card
(kartu plong atau kart upon). Bila digunakan beberapa unit alat keypunch, maka
dapat di lakukan pembagian tugas merubah data dari sumber data ke dalam bentuk
kartu plong, selanjutnya dapat dibacakan ke computer untuk dip roses melalui
alat pembaca kartu (card reader).
·
Key-to-tape
Alat ini memungkinan operator untuk merekamkan
data ke media simpanan luar pita magnetic terlebih dahulu sebelum diproseskan
ke CPU. Data yang tersimpan di pita magnetic, nantinya bila akan diprosesnya ke
CPU dapat dibacakan ke computer lewat alat pembaca pita magnetic (tape reader
atau tape drive atau tape unit).
BAB III
KESIMPULAN
KESIMPULAN
3.1 Kesimpulan
Perangkat masukan atau Input Devices merupakan
perangkat yang memberikan sinyal masukan kepada system computer. Unit ini
berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori
dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang di perlukan. Data
yang dimasukkan ke dalam sistem computer dapat berbentuk signal input dan maintenance input.
Perangkat masukan dibagi menjadi dua, yaitu
peralatan masukan langsung dan peralatan masukan tidak langsung. Yaitu:
·
Peralatan Masukan Langsug, Dalam peralatan masukan langsung, input langsung dip roses CPU tanpa disimpan oleh
penyimpanan media luar. Contohnya Keyboard,
mouse, scanner, microphone, touch pan, Light Pen, Graphics Pads, CD-ROM (
Compact Disk Read Only Memory) dan Flashdisk.
·
Perangkat Masukan Tak Langsung Pada perangkat masukan tak langsung, data
yang masuk tidak langsung diproses melainkan direkam dahulu ke media
penyimpanan luar seperti pita magnetic. Contohnya key-to-tape, key-to-card, dan key-to-disk.
3.2 Saran
Perlunya pemahaman mahasiswa mengenai
alat-alat Input Devices (Perangkat Masukan) computer, dan semoga makalah ini
bermanfaat dan menambah wawasan tentang Input Devices.
DAFTAR
PUSTAKA
Tanggal Akses 15 September 2013
Susanto. 2010. Alat Input dan Output Komputer.
Tanggal
Akses 15 September 2013
Purnomo,
andi.2006. Teknologi Informasi dan
Komunikasi. Solo; Yudistira.
Jogiyanto.
2005. Pengenalan Komputer.Yogyakarta;
EGC.
No comments:
Post a Comment