Monday 2 November 2015

PERANGKAT LUNAK KOMPUTER




KATA PENGANTAR
Pertama-tama penulis panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena kasih dan karunian-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Makalah ini di buat dalam rangka memenuhi Tugas Mata Kuliah Aplikasi Komputer.
Dalam makalah ini membahas tentang Input Device ( perangkat masukan), apa-apa saja yang termasuk dalam perangkat masukan dan apa fungsi dari masing-masing perangkat masukan  tersebut.
Kiranya makalah ini masih jauh untuk dapat di katakan sempurna. Untuk itu, penulis senantiasa menerima masukan dan saran khususnya dari Ibu dosen dan para mahasiswa agar dalam pembuatan makalah berikutnya mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan atau pengetahuan tentang Input Device (perangkat masukan).
Delitua,     september 2013
 
                                                                                                 Penulis



BAB I
PENDAHULUAN
            Pada umnya komputer terdiri dari beberapa komponen-komponen perangkat keras yang saling terkait atau bekerja sama untuk membentuk sebuah sistem. Komponen-komponen ini memiliki tugasnya masing-masing, apabila salah satu komponen tidak bekerja dengan semestinya maka akan berpengaruh terhadap kinerja dalam suatu sistem komputer. Salah satu perangkat keras dari komputer adalah Input Device. Input device merupakan alat perangkat keras yang memiliki fungsi untuk memasukkan suatu data aatau perintah kedalam komputer.
Unit devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan computer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.


           



BAB II
ISI
2.1 Pengertian Perangkat Masukan (Input Devices)
Perangkat masukan atau Input Devices merupakan peragkat yang memberikan sinyal masukan kepada system computer. Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang di perlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem computer dapat berbentuk  signal input dan  maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem computer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi, input device selain digunakan utuk memasukan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Perangkat masukan dibagi menjadi dua, yaitu peralatan masukan langsung dan peralatan masukan tidak langsung.
2.2 Jenis dan Fungsi Perangkat Masukan (Input Devices)
Perangkat masukan dibagi menjadi dua, yaitu peralatan masukan langsung dan peralatan masukan tidak langsung.
2.2.1 Peralatan Masukan Langsug
Dalam peralatan masukan langsung, input langsung dip roses CPU tanpa disimpan oleh penyimpanan media luar. Berikut ini adalah beberapa peralatan masukan langsung, yaitu :
·         Keyboard (Papan Tombol)
Merupakan unit input paling penting dalam suatu pengolahan data dengan computer. Keyboard dapat berfugsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagi media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan seperti menyimpan file dan membuka file.
Penciptaan keyboard computer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan tahu 1887 diproduksi da dipasarkan oleh perusahaan Remington. Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY pada tahun 19373. Keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO ( International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1.      Typewriter key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagai berikut :
§  Back space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 charakter di kiri cursor
§  Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indicator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau capital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
§   Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 charakter pada posisi cursor
§   Esc
Berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
§   End
Berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja.
§   Enter
Berfungsi untuk berpindah kebaris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
§   Home
Berfungsi untuk menuju ke awal baris atau suduk kiri atas layar.

§  Insert
Berfungsi untuk menyisipkan character.
§  Page Up
Berfungsi untuk menggerakkan cursor 1 layar ke atas
§  Page Down
Berfungsi untuk menggerakkan cursor ke layar bawah.
§  Tab
Berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2.      Numeric key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. Terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indicator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka, jika lampu indicator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagi arrow key.
3.      Function key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini terdiri dari F1-F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputreyang digunakan.
4.      Special function key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakkan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
·         Mouse
Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Mouse pertama kali dikembangkan oleh Doug Engelbart di Stanfor Re-search Institute sekitar tahun 1960, yang kemudian dikembangkan dan diterapkan pada computer Xerox star. Baru pada tahun 1982, Apple memperkenalkan produknya dengan nama Apple Lisa dan  mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Bentuknya yang menyerupai tikus maka alat ini diberi nama mouse.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol pengulung (scroll), yang terletak di tengah.istilah penekan tombol disebut dengan Click, dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk. Selain itu terdapat pula istilah drag (menggeser) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil menggeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan tersalin atau ter-blok.
·         Joy Stick dan Games Paddle
Merupakan peralatan input tambahan untuk mempermudah pengguna computer dalam melakukan permainan di computer. Alat ini biasanya digunakan pada permainan (games) computer. Joystick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam computer.
·         Scanner
Merupakan peralatan untuk membaca input baik data maupun gambar untuk di-scan. Alat ini berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori computer. Dari memori computer selanjutnya, di simpang dalam harddisk atau pun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat di tampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat di simpan kembali dalam bentuk file text maupun file gambar.
Selain scanner untuk gambar terapat pula scan yang biasa di gunakan untuk mendeteksi lembar jawaban computer. Scanner yang biasa di gunakan untuk melakukan scan lembar jawaban computer adalah SCAN IR yang biasa di gunakan untuk LJK (lembar jawaban computer). Scan jenis ini terdri dari lampu sensor yang di sebut optic, yang dapat mengenalin jenis pensil 2B. Scanner  yang beredar di pasaran adalah scanner untuk mengcopy gambar atau foto dan biasanya di lengkapin dengan fasilitas OCR ( Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk text.
·         Microphone
Merupakan alat elektronika yang berguna untuk mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik.
Unit msukkan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan di simpan dalam memori computer penggunaan microphone ini memerluka perangkat keras yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mengdengarkan suara.
·         Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat di gunakan sebagai pengganti mouse.
·         Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang di gunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan scanner. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke computer yag kemudian di rekam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
·         Graphics Pads
Teknologi computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakkan Graphics Pads. Graphics Pads ini merupakan input masukkan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang di gunakkan mempunyai dua jenis. Pertama menggunakan jarum (stylus) yang di hubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, tegangan rendah yang dikirim kemudian di terjemahkan menjadi koordinat X-Y. kedua menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad ) tanpa menggunakkan jarum.
·         CD-ROM ( Compact Disk Read Only Memory) dan Flashdisk
CD-ROM drive berfungsi untuk membaca data input dari kepingan CD. Kemampuan transfer data dari CD-ROM adalah n × 150MB/s, dengan n adalah kecepatan yang dituliskan pada bodinya. Misalnya, jika CD-ROM mempunyai kecepatan sebesar 52×, maka transfer kecepatan sebesar 52 × 150 MB/s. Saat ini, kecepatan CD-ROM yang ada di pasaran antara lain: 52×, 56× dan 60×.

2.2.2        Perangkat Masukan Tak Langsung
Pada perangkat masukan tak langsung, data yang masuk tidak langsung diproses melainkan direkam dahulu ke media penyimpanan luar seperti pita magnetic. Contohnya key-to-tape, key-to-card, dan key-to-disk.
·         Key-to-card
Salah satu alat memasukkan data yang paling tua adalah keypunch atau key-to-card. Alat ini memungkinan operator memasukkan data yang akan dipindahkan terlebih dahulu ke dalam bentuk media punched card (kartu plong atau kart upon). Bila digunakan beberapa unit alat keypunch, maka dapat di lakukan pembagian tugas merubah data dari sumber data ke dalam bentuk kartu plong, selanjutnya dapat dibacakan ke computer untuk dip roses melalui alat pembaca kartu (card reader).
·         Key-to-tape
Alat ini memungkinan operator untuk merekamkan data ke media simpanan luar pita magnetic terlebih dahulu sebelum diproseskan ke CPU. Data yang tersimpan di pita magnetic, nantinya bila akan diprosesnya ke CPU dapat dibacakan ke computer lewat alat pembaca pita magnetic (tape reader atau tape drive atau tape unit).




BAB III
KESIMPULAN
3.1  Kesimpulan
Perangkat masukan atau Input Devices merupakan perangkat yang memberikan sinyal masukan kepada system computer. Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang di perlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem computer dapat berbentuk  signal input dan  maintenance input.
Perangkat masukan dibagi menjadi dua, yaitu peralatan masukan langsung dan peralatan masukan tidak langsung. Yaitu:
·         Peralatan Masukan Langsug, Dalam peralatan masukan langsung, input   langsung dip roses CPU tanpa disimpan oleh penyimpanan media luar. Contohnya Keyboard, mouse, scanner, microphone, touch pan, Light Pen, Graphics Pads, CD-ROM ( Compact Disk Read Only Memory) dan Flashdisk.
·         Perangkat Masukan Tak Langsung Pada perangkat masukan tak langsung, data yang masuk tidak langsung diproses melainkan direkam dahulu ke media penyimpanan luar seperti pita magnetic. Contohnya key-to-tape, key-to-card, dan key-to-disk.
3.2   Saran
Perlunya pemahaman mahasiswa mengenai alat-alat Input Devices (Perangkat Masukan) computer, dan semoga makalah ini bermanfaat dan menambah wawasan tentang Input Devices.



DAFTAR PUSTAKA
Tanggal Akses 15 September 2013

Susanto. 2010. Alat Input dan Output Komputer.
Tanggal Akses 15 September 2013          
Purnomo, andi.2006. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Solo; Yudistira.
Jogiyanto. 2005. Pengenalan Komputer.Yogyakarta; EGC.



No comments:

Post a Comment